Persib Bandung Sulit Cari Tempat Latihan
Pemain Persib Bandung, Supardi Nasir, saat melawan Persipura Jayapura pada laga Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/5). Persib menang 3-0 atas Persipura.

Persib Bandung Sulit Cari Tempat Latihan

Diposting pada

Persib Bandung kesulitan menjalani rutinitas latihan tim. Dua stadion yang biasa digunakan latihan Persib Bandung, yaitu Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung sementara tidak bisa digunakan guna mencegah penyebaran virus Corona.

Persib Bandung Sulit Cari Tempat Latihan
Pemain Persib Bandung, Supardi Nasir, saat melawan Persipura Jayapura pada laga Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/5). Persib menang 3-0 atas Persipura.

Lapangan Lodaya dan Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani juga sementara dilarang dipakai kegiatan apa pun yang mengundang banyak orang.

“Ini kebijakan pemerintah, tentunya itu kebaikan untuk khalayak umum, khususnya pemain juga. Bukan berarti kami menyembunyikan informasi tapi ini buat kebaikan kita semua dan kesepakatan manajemen bersama pelatih untuk lebih baik,” jelas Kapten tim Persib Bandung, Supardi Nasir, Jumat (20/3/2020) di Bandung.

Supardi berharap dengan keadaan ini bisa dimengerti semua pihak, terutama para bobotoh yang ingin menyaksikan latihan Persib Bandung.

“Menjaga jarak iya tetapi bukan menyembunyikan informasi, bobotoh akan tetap mendapatkan informasi dari media ofisial pastinya. Jadi saya harap bisa memaklumi demi kebaikan kita semua. Kami juga tidak pernah tahu dan ini permasalahan yang serius,” ungkap Supardi.

Supardi mengatakan mewabahnya virus Corona tidak bisa dianggap remeh, apalagi sudah menjadi pandemi dunia. Imbasnya berbagai liga domestik di belahan dunia sudah dihentikan sementara, termasuk Shopee Liga 1 2020.

Menurut Supardi, pemain tetap latihan seperti biasa untuk persiapan pertandingan walaupun belum diketahui kapan kompetisi akan dilanjutkan.

“Kompetisi itu bukan urusan pemain karena manajemen yang lebih berhak untuk itu. Haknya pemain dikasih porsi latihan. Kami tidak tahu berapa lama kompetisi berhenti, yang jelas dua minggu,” kata Supardi.

“Kami punya jadwal tanggal 5 April lawan Persita Tangerang dan kami fokus ke situ. Untuk selanjutnya kami tidak pikirkan. Apakah jadi atau tidak main tanggal 5, bukan urusan saya,” tambah pemain senior di Persib Bandung itu.

Tren Positif Persib

Supardi mengatakan penghentian sementara Liga 1 2020 ini memang membuat Persib Bandung merugi. Alasannya, tim berjulukan Maung Bandung itu sedang onfire dengan menyapu bersih kemenangan dalam tiga laga pertama Liga 1 2020.

Persib tengah berkibar di puncak klasemen sementara Liga 1 2020 dengan raihan sembilan poin yang didapat saat lawan Persela Lamongan (3-0), Arema FC (2-1), dan PSS Sleman (2-1).

“Ya, sebenarnya tidak efektif saat tim lagi meningkat terus jeda. Kami harus cari momen (bagus) dan perlu waktu lagi. Kalau kompetisi di lanjut terus, kami hanya menjaga. Sekarang kami harus adaptasi lagi tapi pelatih punya program bagaimana caranya momen ini terjaga terus,” ucap Supardi.

Supardi mengatakan demi menjaga tren positif itu salah satunya dengan menggelar uji coba. Hal itu menurutnya sangat membantu untuk menjaga ritme pertandingan.

“Yang pasti pelatih lebih tahu bagaimana caranya untuk menjaga ritme pemain. Kalau ada uji coba saya pikir itu bagus juga,” tutur pemain bernomor punggung 22 di Persib ini mengakhiri.