Luis Suarez dan Mohamed Salah

Musim Terbaik Luis Suarez vs Mohamed Salah untuk Liverpool, Siapa Lebih Baik?

Diposting pada

Liverpool punya dua penyerang tajam dalam satu dekade terakhir. Sebelum era keemasan Mohamed Salah seperti yang kini terjadi, The Reds punya Luis Suarez yang menjadi mesin gol setiap laga.

Liverpool punya banyak penyerang top sepanjang sejarah klub. Sosok yang legendaris seperti Ian Rush akan terus diingat. Sejauh ini, pria asal Wales masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa Liverpool.

Selain itu, Liverpool juga pernah diperkuat pemain tajam lain seperti Robbie Fowler, Kenny Dalglish, dan Michael Owen. Ada juga Fernando Torres yang punya kolaborasi apik dengan Steven Gerrard di lini serang Liverpool.

Setelah era Fernando Torres, The Reds kemudian punya Luis Suarez. Pemain asal Uruguay tersebut tampil sangat tajam. Setelah era El Pistolero, Liverpool punya Mohamed Salah yang begitu memikat.

Musim Terbaik

Liverpool mendatangkan Luis Suarez pada Januari 2011 lalu. Ketika itu, Liverpool harus membayar 26,5 juta euro untuk membeli Luis Suarez dari Ajax Amsterdam. Walau dibeli di tengah musim, Luis Suarez langsung sukses.

Pada musim 2010/2011, Luis Suarez mampu mencetak empat gol dari 13 laga yang dimainkan di Premier League.

Musim terbaik Luis Suarez bersama The Reds terjadi pada 2013/2014. Pada musim tersebut, pemain yang kini membela Barcelona mampu mencetak 31 gol di Premier League. Luis Suarez pun menjadi top skor pada musim tersebut.

Sementara itu, Mohamed Salah dibeli Liverpool pada 2017/2018 lalu. Saat itu, Liverpool harus membayar 40 juta pounds untuk menebus Mohamed Salah dari AS Roma. Harga yang kemudian dianggap terlalu murah.

Sejauh ini, musim terbaik Mohamed Salah di Liverpool terjadi pada 2017/2018. Pemain asal Mesir mampu mencetak 32 gol. Mohamed Salah juga sukses menyabet gelar top skor Premier League pada musim tersebut.

Head to Head

Mohamed Salah memang mencetak gol lebih banyak untuk Liverpool pada musim terbaiknya dibanding Luis Suarez. Mantan pemain Chelsea itu punya catatan satu gol lebih banyak jika dibanding Chelsea.

Namun, Luis Suarez punya keunggulan dari sisi jumlah assist. Eks pemain Groningen tersebut mampu mencetak 12 assist. Sedangkan, Mohamed Salah hanya mencatatkan 10 assist saja pada musim terbaiknya.

Satu hal yang juga perlu dicatat, Luis Suarez memainkan laga lebih sedikit dari Mohamed Salah. Luis Suarez hanya memainkan 33 laga. Sedangkan, Mohamed Salah memainkan 36 laga bersama Liverpool pada musim terbaiknya.

Luis Suarez mencetak tujuh gol dari luar kotak penalti, sedangkan Mohamed Salah punya dua gol saja dari luar kotak penalti

Konversi Gol

Seperti dikutip dari Whoscored, Luis Suarez melepaskan 5,5 shot per laga pada musim terbaiknya di Liverpool. Sedangkan, Mohamed Salah hanya mampu melepaskan rata-rata 4,5 shot per laga pada musim terbaiknya. Luis Suarez punya catatan shots lebih baik.

Namun, tingkat konversi gol Mohamed Salah jauh lebih baik. Pemain yang pernah membela Fiorentina tersebut punya konversi peluang menjadi gol yang mencapai 22.2 persen. Luis Suarez konversi peluang menjadi gol hanya 17,1 persen.

Kendati kalah dalam hal konversi peluang menjadi gol, Luis Suarez unggul dalam dua aspek lain yakni umpan kunci dan dribbel. Luis Suarez melepaskan rata-rata 2.7 umpan kunci per laga. Sedangkan, Luis Suarez mampu melakukan 2.8 dribble per laga untuk Liverpool.

Mohamed Salah hanya melepaskan 1.9 umpan kunci per laga dan 1.4 dribble per laga pada musim terbaiknya.

Nilai untuk Luis Suarez dan Mohamed Salah

Berdasarkan pada performa dan catatan statistik, Whoscored memberi nilai 8.43 untuk Luis Suarez atas performanya pada musim 2013/2014. Sedangkan, Mohamed Salah mendapat nilai 7.69 atas performanya pada musim 2017/2018.

Sumber: Whoscored