Resmi, Bundesliga Musim Ini Kembali Bergulir pada 16 Mei

Bundesliga Musim Ini Akan Bergulir Kembali pada 16 Mei

Diposting pada

Setelah menemukan izin dari pemerintah Jerman, Bundesliga dan 2. Bundesliga resmi pulang bergulir pada 16 Mei mendatang. Liga Jerman akan dihelat tertutup dan di bawah protokol kesehatan yang ketat.

Bundesliga dan Bundesliga 2 sudah terhenti semenjak 13 Maret lalu dampak pandemi virus corona. Pemerintah Jerman tidak mengizinkan segala pekerjaan olahraga serta memberlakukan kepandaian lockdown, demi mengurangi penyebaran COVID-19.

Aturan tersebut pun berlangsung dengan baik. Jerman menjadi negara di Eropa dengan tingkat kesembuhan tertinggi, yaitu 139.900 dari 168.276 pasien yang ditetapkan positif virus corona.

Oleh sebab itu, pemerintah Jerman mulai melonggarkan aturan lockdown semenjak 4 Mei 2020. Pada Rabu (6/5/2020), ke-16 pemimpin negara unsur Jerman mengerjakan pertemuan guna membahas sekian banyak  hal, tergolong kelanjutan Bundesliga dan 2. Bundesliga musim ini.

Hasilnya, Kanselir Jerman, Angela Merkel, dan pemimpin negara unsur memberi lampu hijau supaya kompetisi dapat kembali bergulir pada pertengahan Mei. Namun, pertandingan dilangsungkan dengan sejumlah protokol kesehatan yang ketat.

Beberapa keharusan yang mesti dijalani ialah pertandingan Bundesliga dilangsungkan tertutup dan suporter dilarang datang ke stadion, pemain mesti menjalani tes COVID-19, serta melulu ada 300 orang (termasuk pemain, staf, dan ofisial) yang sedang di atau selama stadion pada hari pertandingan.

Digilir Kembali Pada 16 Mei

Setelah menemukan izin, German Football League (DFL) memutuskan jadwal bergulirnya Bundesliga dan 2. Bundesliga musim ini ialah 16 Mei 2020. Sementara itu, laga terakhir bakal dihelat pada 27 dan 28 Juni 2020.

“Ke-36 klub Bundesliga dan 2. Bundesliga membicarakan kembali dimulainya persaingan pada Pertemuan Umum DFL, Kamis (7/5/2020). Setelah kemarin Presidium DFL memilih 15 Mei guna melanjutkan musim, kesudahannya 16 Mei diputuskan sebagai tanggal yang tepat,” bunyi pengakuan resmi Bundesliga.

“Dengan demikian, DFL menurut pada keputusan pemerintah federal dan negara unsur yang mengaku bahwa pertengahan Mei ialah kembalinya Bundesliga dan 2. Bundesliga bisa diterima.”

Liga Top Eropa Pertama yang Kembali Bergulir

Bundesliga menjadi liga top Eropa yang kesatu yang pulang mengggulirkan persaingan di tengah pandemi virus corona. Liga-liga besar lain pun sudah berencana guna meneruskan kompetisi, namun masih menantikan izin sah dari pemerintah masing-masing.

Saat ini, Bayern Munchen sedang di puncak klasemen sedangkan Bundesliga dengan nilai 55 hasil dari 25 laga. Die Bayern unggul empat poin atas Borussia Dortmund yang sedang di peringkat kedua.

Sumber : Bundesliga