Beberapa Laga Derbi dengan Rivalitas Terdekat di Inggris Raya
Beberapa Laga Derbi dengan Rivalitas Terdekat di Inggris Raya

Beberapa Laga Derbi dengan Rivalitas Terdekat di Inggris Raya

Diposting pada
Beberapa Laga Derbi dengan Rivalitas Terdekat di Inggris Raya
Bek Arsenal, Shkodran Mustafi, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Tottenham pada laga Premier League di Stadion Emirates, London, Sabtu (18/11/2017). Arsenal menang 2-0 atas Tottenham. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Jakarta – Pertandingan bertajuk derbi di dunia sepak bola kerap melahirkan atmosfer panas. Selain adanya kedekatan geografis antarkedua tim, adanya faktor rivalitas fans yang sangat kental, bisa kian memanaskan suasana.

Kita bisa tengok derbi London Utara, antara Tottenham Hotspur dan Arsenal. Kedua tim ini memiliki rivalitas yang tinggi di antara kalangan fans.

Tak jarang, pemain yang saling bertukar seragam akan mendapat cap pengkhiat. Sol Campbell pernah merasakan dicap sebagai penghiatan oleh fans Spurs setelah menyeberang ke Arsenal pada musim panas 2001.

Padahal, ia telah memperkuat Tottenham selama sembilan musim dan bahkan menjadi menjadi kapten tim.

Rivalitas di antara kedua klub makin panas, dibumbui jarak markas tim yang saling berdekatan.

Semisal, jarak Emirates Stadium ke Tottenham Hotspur Stadium hanya sekitar 8,36 km. Waktu yang ditempuh berkisar 27 menit.

Bahkan dalam beberapa derbi, kedua tim yang berseteru bukan hanya sesama tim satu kota, melainkan bisa dibilang benar-benar bertetangga karena jarak markas kedua tim yang sangat dekat.

Terdapat klub-klub di Inggris Raya, yang memiliki jarak markas tim dengan klub rival, tidak kurang dari 4 km atau masih bisa dilihat dengan mata telanjang dari kedua sisi.

Hal ini memunculkan “cita rasa” derbi yang sangat lokal.

Bola.com melansir The Sun, derbi di Inggris Raya yang memiliki jarak terdekat, alias benar-benar bertetangga dan terasa sangat lokal, Selasa (17/3/2020).

1. Derbi London Barat

Derbi London Barat
Winger Chelsea Willian (kanan) berjibaku dengan bek Fulham Denis Odoi pada lanjutan Liga Inggris di Craven Cottage, Minggu (3/3/2019). (AP Photo/Tim Ireland)

Derbi London Barat mempertemukan Chelsea dan Fulham. Kedua tim ini memiliki prestasi bagai bumi dan langit setelah Chelsea dibeli Roman Abramovich.

Jarak kedua markas hanya 3 km saja. Itu jelas akan membuat rivalitas lokal yang panas di sekitar distrik Fulham.

2. Derbi Merseyside

Derbi Merseyside
Striker Everton, Wayne Rooney, berebut bola dengan bek Liverpool, Andrew Robertson, pada laga Premier League di Stadion Anfield, Minggu (10/12/2017). Laga bertajuk Derbi Merseyside itu berakhir imbang 1-1. (AP/Peter Byrne)

Derbi Merseyside sempat mendapat julukan derbi terpanas di Inggris. Setiap pertandingan yang dimainkan sering memghasilkan kartu merah.

Derbi ini mempertemukan Liverpool dengan Everton. Kata Meseyside diambil dari nama pelabuhan terkenal di kota Liverpool. Jarak kedua markas klub hanya 1,2 km saja.

3. Derbi Birmingham

Derbi Birmingham
Broken seats lie between police officers and Aston Villa fans after the English Football League Cup football match betwen Birmingham City and Aston Villa at St Andrews in Birmingham, central England, on December 1, 2010. Birmingham City won 2:1- AFP PHOTO

Kota Birmingham memiliki derbi lokal yang panas antara Aston Villa dan Birmingham City. Pertama kali derbi ini tercetus pada 1879.

Aston Villa bermarkas di Villa Park, sementara Birmingham di St Andrew’s. Jarak kedua stadion ini sekitar 3,9 km.

4. Derbi Nottingham

Derbi Nottingham
Nottingham Forest (1977/78) – 42 games tanpa kekalahan. (AFP/Andrew Yates)

Derbi kota Nottingham mempertemukan Nottingham Forest dan Notts County. Sering kali bentrok antarsuporter mewarnai laga tersebut.

Apalagi jarak kedua stadion mereka hanya 643 meter saja dan dipisahkan oleh sungai Trent.

5. Derbi Dundee

Derbi Dundee
Enam skor pertandingan terbesar sepanjang sejarah. (Independent)

Dundee merupakan kota terbesar keempat di Skotlandia. Kota ini memiliki dua klub yang bertetangga sangat dekat, yakni Dundee FC dan Dundee United FC.

Jarak markas kedua klub hanya 300 meter saja dan berada di jalan yang sama.